Jual Bibit Unggul Sawo Kecik Harga Grosir

Jual Bibit Unggul Sawo Kecik Harga Grosir.  Pihak kami menyediakan berbagai jenis bibit buah, pohon , dan tanaman hias berkualitas tinggi namun harga nya yang murah. Bibit Рbibit ini dijamin asli dan tidak ada penipuan. Terbukti berpengalaman dalam mengerjakan proyek lokal dan nasional. Hubungi kami di WA 08113035003 | Call 08113035003 / obahoturdungo@gmail.com. Anda bisa melihat Рlihat bibit kami yang lainnya di sini.

 

Deskripsi tentang sawo kecik

Jual Bibit Unggul Sawo Kecik Harga Grosir

Sawo kecik merupakan salah satu jenis sawo yang pohon nya kerap sekali dijadikan sebagai pohon pelindung atau pohon peneduh. Pohon sawo kecik ini memiliki struktur batang yang kuat dan keras sehingga cocok sekali untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, ataupun berbagai jenis kerajinan. Sawo kecik ini sering disebut juga sebagai sawo jawa. Pohon sawo kecik ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 m dan memiliki ukuran diameter mencapai 100 m. Buah sawo kecik ini sendiri berbentuk bulat dan memiliki rasa daging buah yang bermacam – macam ada yang manis dan ada yang sepat. Pohon sawo kecik ini sering hidup di daerah – daerah yang kering dan tumbuh subur apabila ditanam di daerah pesisir. Pohon sawo kecik ini juga dapat hidup di dataran tinggi sampai dengan ketinggian 500 mdpl. Pohon sawo kecik ini juga dapat hidup di daerah yang kurang subur karena pohon buah ini memiliki ketahanan hidup yang cukup besar.

 

Untuk yang berminat silahkan hubungi nomor HP, email, atau langsung datang ke alamat di bawah ini :

OBAHO Farm
Jl. Supit Urang No. 13 Kediri
Supplier Bibit Tanaman, Pohon Besar dan Kontraktor Taman Landscape

08113035003 / 08113035003 / obahoturdungo@gmail.com

 

Budidaya bibit pohon sawo kecik

 

  • Tahap pemilihan bibit sawo dan persiapan lahan

Jual Bibit Unggul Sawo Kecik Harga Grosir

Pohon sawo kecik ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian rata – rata 900 mdpl. Pohon sawo kecik ini juga memerlukan daerah yang memiliki volume curah hujan yang cukup yakni sekitar 1.250 mm hingga 2.500 mm per tahunnya. Pastikan juga tempat yang akan dijadikan sebagai lahan budidaya pohon sawo kecik ini tidak terlalu panas. Siapkan juga bibit pohon sawo kecik dengan kualitas terbaik juga. Biasanya bibit sawo kecik ini didapatkan dari hasil cangkokan.

 

Bersihkan juga lahan yang akan digunakan untuk budidaya pohon sawo kecik ini dari gulma – gulma ataupun semak – semak yang tumbuh secara liar. Agar nantinya gulma atau semak ini tidak mencuri nutrisi yang harusnya didapatkan oleh bibit pohon sawo kecik. Jika lahan sudah siap maka tinggal menyiapkan hal yang selanjutnya.

 

  • Tahap pembuatan lubang tanam dan jarak tanam bibit pohon sawo kecik

Untuk ukuran lubang tanam yang ideal untuk pohon sawo kecik ini adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm untuk jenis tanah yang gembur dan 100 cm x 100 cm x 100 cm untuk jenis tanah yang tidak gembur. Tanah galian dari pembuatan lubang tanam ini sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Nantinya tanah galian ini campurkan dengan pupuk organik (pupuk kompos) untuk dijadikan sebagai tanah timbun. Untuk jarak tanam bibit pohon sawo kecik ini rata – rata memiliki ukuran 10 m x 10 m untuk permukaan tanah yang datar dan 7 m x 8 m untuk permukaan tanah yang miring. Lubang tanam yang sudah dibuat tadi tuangkan pupuk kandang dengan dosis yang cukup dan biarkan selama 2 minggu. Bila sudah 2 minggu maka langkah selanjutnya tinggal penanaman bibit.

 

  • Tahap penanaman bibit pohon sawo kecik

Setelah lubang tanam sudah siap maka tinggal proses penanaman bibit saja. Tanam bibit pohon sawo kecik tepat di tengah – tengah lubang tanam. Lalu timbun menggunakan tanah timbun yang sudah kita buah sebelumnya. Padatkan tanah timbun tersebut agar bibit pohon sawo nantinya tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman air pada bibit pohon sawo kecik yang baru ditanam secara secukupnya.

 

  • Tahap perawatan dan pemeliharaan pohon sawo kecik

Pembibitan Sawo 700x510 1 1

Pertama adalah tahap pemupukan pohon sawo kecik. Berikut ada paparan mengenai dosis pemupukan untuk bibit pohon sawo kecik :

 

  • Tahap adaptif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat bibit pohon sawo kecik berusia 0 – 3 tahun an. Gunakan pupuk organik jenis pupuk kandang. Berikan dosis pupuk 5 kg – 10 kg per bibit pohon sawo kecik.

 

  • Tahap vegetatif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat bibit pohon sawo kecik berusia 4 – 7 tahun an. Gunakan pupuk anorganik jenis SP 36, Urea, dan KCI. Untuk dosis 3,5 kg untuk pupuk Urea, 1,5 kg untuk pupuk SP 36 , dan 1 kg untuk pupuk KCI. Lakukan pemupukan ini 4x selama 1 tahun.

 

  • Tahap reproduktif, tahap ini merupakan tahap pemupukan saat pohon sawo kecik berusia 8 tahun – 14 tahun an. Gunakan pupuk anorganik dan pupuk organik yakni pupuk Urea, pupuk SP 36 , pupuk KCI, dan pupuk kandang. Untuk dosis 5 kg untuk pupuk Urea, 2 kg untuk pupuk SP 36, 1,5 kg untuk pupuk KCI, dan 5 kg – 10 kg untuk pupuk kandang.

 

Untuk perawatan yang selanjutnya adalah penyiangan, lakukan penyiangan secara rutin. Bersihkan dari berbagai macam gulma – gulma dan semak – semak yang tumbuh disekitar bibit pohon sawo kecik. Lakukan juga penjarangan terhadap buah sawo kecik mengingat buah sawo kecik ini rawan terhadap hama yang mengakibatkan buah berlubang – lubang dan akhirnya busuk. Lakukan juga pemangkasan secara rutin terhadap ranting – ranting atau cabang – cabang pohon yang tumbuh secara tidak beraturan. Hal ini bertujuan agar nutrisi dari pohon sawo kecik ini tetap terjaga dan tidak terbuang sia – sia.

 

  • Tahap pemanenan buah sawo kecik

Jual Bibit Unggul Sawo Kecik Harga Grosir

Pohon sawo kecik ini baru dapat menghasilkan buah sekitar usia 3 tahun – 5 tahun. Untuk masa berbuah yang selanjutnya saat pohon sawo kecik berusia 5 tahun – 6 tahun. Buah sawo kecik ini juga tidak bisa matang secara serempak oleh karena itu harus dipilah – pilah dahulu saat masa panen tiba.

 

Manfaat buah sawo kecik bagi tubuh

Jual Bibit Unggul Sawo Kecik Harga Grosir

  • Buah sawo kecik ini berkhasiat untuk mengatasi penyakit diare , buah sawo kecik ini ternyata baik untuk kesehatan pencernaan apabila dikonsumsi secara rutin.

 

  • Buah sawo kecik ini berkhasiat untuk mencegah penyakit anemia , meskipun buah sawo kecik ini tidak terlalu banyak mengandung zat besi masih efektif untuk mencegah penyakit anemia apabila kita konsumsi.

 

  • Buah sawo kecik ini berkhasiat untuk mengobati penyakit peradangan mulut, buah sawo kecik ini baik untuk kebersihan mulut juga apabila dikonsumsi secara rutin.

 

  • Buah sawo kecik ini berkhasiat untuk menyehatkan tulang – tulang tubuh, buah sawo kecik ini cukup akan kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang kita apabila dikonsumsi secara rutin.

 

  • Buah sawo kecik ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, buah sawo kecik ini mengandung vitamin A yang baik sekali untuk kesehatan mata. Jadi rajin – rajinlah mengkonsumsi buah sawo kecik ini.

 

  • Buah sawo kecik ini juga dapat mencegah penyakit infeksi , buah sawo kecik ini mengandung banyak sekali gizi sehingga pertumbuhan bakteri dalam tubuh akan menjadi terhambat bahkan mati.

 

  • Buah sawo kecik ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi, buah sawo kecik ini juga dapat menjaga kesehatan gigi apabila dikonsumsi secara rutin.

 

Sawo kecik ini sudah lumayan banyak dijumpai di daerah Indonesia, namun untuk beberapa orang masih asing dengan jenis sawo kecik ini dan juga untuk jenis sawo yang lainnya. Pada saat pemanenan sawo kecik ini memang banyak sekali cara mulai dari pemotongan tangkai dengan gunting atau pengambilan buah dengan galah yang ujungnya dilengkapi dengan jaring. Buah sawo kecik ini memang jenis buah sawo yang terbilang cukup favorit di kalangan masyarakat. Pada saat muda buah sawo kecik ini memiliki daging buah berwarna hijau muda sampai hijau tua. Sawo kecik ini sayangnya masih sedikit yang menjangkau pasar ekspor (internasional). Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para petani untuk bisa menjualnya sampai pasar ekspor. Oleh karena itu diperlukan peran pemerintah dalam membantu para petani lokal dalam pemasaran buah sawo kecik ini. Buah sawo kecik ini rasanya manis dan memiliki tekstur daging buah yang sangat lembut di mulut. Jadi buah sawo kecik ini sebenarnya tidak kalah istimewa nya bila dibandingkan jenis buah yang sudah mencapai pasar ekspor. Jadi untuk para petani buah boleh dicoba untuk membudidayakan pohon buah ini. Sawo kecik ini memang sekarang ini sudah mudah dijumpai di berbagai tempat, dahulu masih sedikit sekali yang menanam pohon sawo kecik ini mengingat rasa daging buahnya yang khas dan memiliki banyak manfaat maka orang – orang semakin gemar untuk menanamnya.