Jual Bibit Rambutan Kapulasan dengan Harga Terjangkau

Jual Bibit Rambutan Kapulasan dengan Harga Terjangkau

Cara Budidaya dan Jual Bibit Rambutan Kapulasan. Agro Sejahtera Ready Stok segalam macam tanaman hias dan bibit buah. Kirim Seluruh Indonesia. Agro Sejahtera adalah Supplier langsung bibit, pohon, tanaman hias dan telah berpengalaman mengerjakan berbagai macam proyek lokal maupun Nasional. Hubungi kami di WA 081398211156 | Call 0813-9821-1156 / joglofarm@gmail.com

Cara Budidaya dan Jual Bibit Rambutan Kapulasan

Rambutan kapulasan merupakan sejenis rambutan yang memiliki rasa yang asam dan kulit biji nya tidak mengelupas seperti kebanyakan jenis rambutan lainnya. Rambutan kapulasan ini tidak dapat disilangkan dengan jenis rambutan lainnya.

Pohon rambutan kapulasan memiliki ketinggian mencapai 15 – 36 m, memiliki daun yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis rambutan lainnya. Daun ny tersusun secara spiral, bertulang daun menyirip, dan memiliki panjang tangkai daun mencapai 11 cm. Daun dari pohon rambutan kapulasan ini memiliki ukuran 4 cm – 20 cm x 2 cm – 11 cm. Bunga dari pohon rambutan kapulasan ini tidak memiliki sebuah mahkota. Bunganya memiliki benang sari sebanyak 5 – 8 dan putik sebanyak 2 – 3. Buah rambutan kapulasan ini berbentuk bulat dan jorong, memiliki rasa daging buah yang manis agak asam, dan memiliki rambut yang kecil – kecil tidak selebat seperti jenis rambutan lainnya. Karena hal ini rambutan kapulasan sering disebut juga sebagai rambutan botak.

 

Panduan budidaya bibit rambutan kapulasan

Cara Budidaya dan Jual Bibit Rambutan Kapulasan

Pohon rambutan kapulasan ini tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 30 – 500 mdpl. Di bawah ketinggian 30 mdpl , pohon rambutan kapulasan tidak bisa tumbuh dengan baik begitu juga di ketinggian melebihi 500 mdpl. Pohon rambutan kapulasan juga memerlukan daerah yang memiliki suhu rata – rata 20 derajat celcius sampai 30 derajat celcius dan rata – rata memiliki curah hujan 1.500 – 2.500 mm per tahunnya. Pohon rambutan kapulasan ini juga memerlukan pancaran sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya.

Selain menyediakan bibit rambutan kapulasan, kami juga menjual bibit unggul rambutan lainnya yakni rambutan narmada

Cara budidaya bibit rambutan kapulasan

Berikut ini adalah cara budidaya tanaman buah rambutan kapulasan yang baik dan benar :

  • Persiapan lahan yang digunakan untuk budidaya rambutan kapulasan

Pohon rambutan saat ini kebanyakan ditanam di sebuah pekarangan ataupun kebun. Ukuran lubang tanah yang digunakan untuk menanam bibit adalah 60 x 60 x 60 cm. Jarak tanam yang baik adalah sekitar 10 m hingga 14 m.

 

  • Proses penanaman bibit rambutan kapulasan

Setelah lubang tanah yang ada di lahan dibiarkan selama 2 – 4 minggu, bibit rambutan kapulasan yang telah disiapkan bisa dimasukkan ke dalam lubahg galian dan menutupnya dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

 

  • Penyiangan

Penyiangan merupakan proses menghilangkan tanaman pengganggu (gulma) yang ada di sekitar tanaman bibit rambutan kapulasan. Proses ini sangat perlu dilakukan karena jika ada tanaman gulma di sekitar tanaman bibit maka pertumbuhannya akan terganggu. Akan lebih baik jika dilakukan juga penggemburan tanah akan tetapi jangan sampai merusak struktur akar.

 

  • Dosis untuk melakukan pemupukan

Screenshot 3

Di umur yang seterusnya dosis pemupukan ini akan bertambah dengan selisih yang sama. Waktu pemupukan ini dilakukan pada saat musim penghujan dan pada akhir musim penghujan.

 

  • Proses pembentukan pohon rambutan kapulasan

Ujung – ujung ranting pohon bibit rambutan kapulasan lebih baik dipotong apabila usianya sudah menginjak 2 tahun. Pemotongan ini dilakukan untuk memperkuat cabang pohon rambutan nantinya. Tunas – tunas yang tumbuh dengan tidak sempurna sebaiknya juga dipotong. Pemotongan – pemotongan ini tidak hanya dilakukan saat masa pertumbuhan bibit namun juga pada saat setelah masa panen.

 

  • Pembasmian hama dan penyakit

Hama yang sering dijumpai di pohon rambutan kapulasan adalah sejenis ulat , tupai dan juga keluang. Sedangkan penyakit yang sering menyerang pohon rambutan kapulasan ini adalah penyakit bercak daun dan penyakit akar putih. Degan cukup banyak nya hama dan penyakit dari pohon rambutan kapulasan ini sebaiknya pembasmian nya dilakukan secara intensif, rutin, dan sesuai prosedur.

 

  • Panen buah rambutan kapulasan

Cara Budidaya dan Jual Bibit Rambutan Kapulasan

Buah rambutan yang sudah matang memiliki warna merah cerah, namun ada juga yang berwarna kuning tergantung dari jenis rambutan nya. Buah rambutan kapulasan ini sering dipanen ketika buah nya matang dari pohonnya , jarang ada yang memetik buah rambutan kapulasan sebelum matang dari pohon nya karena buah tidak akan matang bila sudah dipetik dari pohonnya.

 

OBAHO Farm
Jl. Supit Urang No. 13 Kediri
Supplier Bibit Tanaman, Pohon Besar dan Kontraktor Taman Landscape

081398211156 / 0813-9821-1156 / joglofarm@gmail.com\

 

Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pohon rambutan kapulasan

 

  • Faktor Eksternal

Tanah, tanah adalah faktor eksternal yang paling mempengaruhi pertumbuhan suatu tanaman. Pohon rambutan kapulasan ini menyukai daerah yang memiliki tanah yang sedikit berpasir, gembur , dan sangat subur. Tanah yang memiliki model sedikit berlempung sulit untuk ditumbuhi oleh pohon rambutan kapulasan. Namun untuk kondisi tanah yang seperti itu cukup menambahkan dengan sedikit tanah berpasir maka pohon rambutan kapulasan sudah dapat tumbuh.

Iklim, iklim juga dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon rambutan kapulasan. Pohon rambutan kapulasan ini sangat berpengaruh dengan kondisi suhu rata – rata, kondisi curah hujan, intensitas cahaya matahari , dan arah serta kecepatan angin. Hal – hal tersebut sangat berpengaruh meskipun kelihatannya banyak yang mengabaikannya. Pohon rambutan ini membutuhkan curah hujan rata – rata 1.500 hingga 2.500 mm per tahunnya.

Ketinggian daerah ( mdpl ), faktor ini juga berpengaruh terhadap proses pertumbuhan pohon rambutan kapulasan. Pohon rambutan kapulasan ini sangat baik tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 30 – 500 mdpl. Bila tumbuh melebihi ketinggian tersebut ( mencapai 1.000 mdpl ) maka pohon rambutan kapulasan mulai jarang – jarang bisa tumbuh dan berbuah bahkan musim bunga nya sulit sekali untuk diprediksi.

 

  • Faktor Internal

Cara Budidaya dan Jual Bibit Rambutan Kapulasan

Jenis rambutan, jenis rambutan saat ini terbilang cukup banyak sekali, namun ada 2 jenis rambutan yang paling digemari oleh masyarakat yakni Rambutan Aceh (berwarna kuning) dan Rambutan Binjai (berwarna merah). Tidak semua jenis rambutan ini dikembang biakkan melalui biji oleh para petani, para petani lebih memilih dengan cara cangkok, hal ini disebabkan karena metode cangkok lebih cepat mengalami pertumbuhan.

Budidaya rambutan kapulasan melalui media tabulampot (tanam dalam pot)

Cara Budidaya dan Jual Bibit Rambutan Kapulasan

Budidaya pohon rambutan kapulasan melalui pot ini terbilang menelan biaya yang cukup murah daripada yang melalui lahan. Perawatan nya pun juga terbilang mudah sehingga pohon rambutan kapulasan ini bisa dengan mudah menghasilkan buah dengan kualitas yang optimal. Tahap penanaman pohon rambutan kapulasan dalam pot ini hampir sama dengan penanaman yang dilakukan di lahan biasa, namun yang membedakan adalah media tanamnya. Berikut ini langkah – langkah yang dilakukan untuk penanaman bibit pohon rambutan kapulasan dalam pot :

 

  • Langkah pertama adalah penyiapan bibit rambutan kapulasan, bibit rambutan sekarang ini umumnya berasal dari proses okulasi , berumur sekitar 8 bulanan , dan memiliki tinggi sekitar 60 cm – 75 cm.

 

  • Kemudian siapkan pot berupa sebuah drum yang memiliki ukuran diameter sekitar 40 cm dan bagian dasar bawah drum tersebut dilubangi kecil – kecil agar saat proses penyiraman , air tidak tergenang memenuhi drum.

 

  • Masukkan pecahan batu bata, genteng , atau batako ke bagian dasar pot hingga tumpukan tersebut mencapai ketinggian 10 cm. Jika sudah , tutupi pecahan tersebut dengan ijuk atau daun – daun kering (kaya akan humus).

 

  • Kemudian masukkan tanah ke dalam pot hingga ketinggian tanah hampir mendekati bibir pot, lalu buat lubang tepat ditengah – tengah tanah.

 

  • Selanjutnya keluarkan bibit rambutan kapulasan yang sudah disiapkan dari polybag. Caranya gunting atau sobek polybag tersebut untuk menjaga agar tanah yang melekat pada bibit tidak rontok kemana – mana.

 

  • Kemudian tanamkan bibit pada pot (drum) tersebut lalu timbun dengan tanah secara perlahan – lahan agar tidak merusak akarnya. Tekan juga secara pelan – pelan bagian pangkal bibit.

 

  • Siram bibit rambutan kapulasan tersebut dengan air dan tanah, siram secukupnya saja dan jangan berlebihan.

 

  • Lalu letakkan pot bibit rambutan kapulasan tersebut dibawah tempat yang teduh. Hindari tempat yang terkena sinar matahari secara berlebihan.

 

  • Jika sudah terlihat tumbuh tunas – tunas baru, barulah pindahkan pot tanaman rambutan kapulasan itu ke tempat yang cukup akan sinar matahari.

 

Langkah – langkah selanjutnya hampir sama dengan pembudidayaan secara konvensional (lahan). Penanaman pohon rambutan kapulasan ini ternyata terasa lebih mudah apabila dilakukan di pekarangan rumah daripada di kebun. Karena pohon rambutan kapulasan yang ditanam di pekarangan rumah lebih sering mendapat perhatian dari pada yang ada di kebun. Namun pohon rambutan kapulasan yang ditanam di pekarangan rumah ini melakukan perawatan yang sederhana saja , tidak seintensif yang ada di perkebunan. Tentunya untuk menghasilkan buah yang unggul pohon rambutan kapulasan harus diberikan perawatan yang sangat intensif. Pada saat musim bunga , pohon rambutan ini memerlukan musim kering selama 3 bulan agar bunga tersebut berkembang menjadi buah yang berkualitas baik. Jika musim kering berlangsung selama lebih atau kurang dari 3 bulan maka bunga pohon rambutan kapulasan tersebut tidak akan berkembang menjadi buah yang berkualitas baik. Bahkan bunga tersebut akan kempes.