Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah

Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah. Pihak kami menyediakan berbagai jenis bibit buah, pohon , dan tanaman hias berkualitas tinggi namun harga nya yang murah. Bibit – bibit ini dijamin asli dan tidak ada penipuan. Terbukti berpengalaman dalam mengerjakan proyek lokal dan nasional. Hubungi kami di WA 081398211156 | Call 0813-9821-1156 / agrosejahtera1@gmail.com. Anda bisa melihat – lihat bibit kami yang lainnya di sini.

Gaharu

Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah

Gaharu merupakan sejenis kayu yang berwarna kehitaman dan mengandung resin atau getah yang khas. Getah yang dihasilkan oleh kayu gaharu ini tidak sembarang getah. Getah nya memiliki aroma yang sangat harum sehingga banyak yang memburunya untuk industri wangi – wangian. Gaharu banyak diperdagangkan rata – rata dengan harga jual yang sangat tinggi. Gaharu yang memiliki harga jual yang tinggi – tinggi ini dikelompokkan ke dalam jenis gaharu beringin. Ada pula gaharu yang memiliki harga – harga rendah dan tentunya memiliki kualitas yang rendah juga. Gaharu jenis ini dikelompokkan ke dalam jenis gaharu buaya.

Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah

Pohon gaharu ini memiliki harga yang bervariasi tergantung dari kandungan resin di dalamnya. Semakin banyak resin nya maka harganya akan semakin mahal. Dalam dunia perdagangan gaharu digolongkan menjadi 3 kelas besar yakni gubal, kemedangan, dan abu. Namun saat ini keberadaan pohon gaharu ini mulai terancam karena tingkat eksploitasi yang semakin tinggi tanpa diiringi dengan reboisasi yang jelas tempatnya. Maksudnya disini adalah cara reboisasi pohon gaharu ini di sembarang tempat, dan tempat itu tidak cocok ditanami pohon gaharu sehingga kegiatan reboisasi ini menjadi sia – sia. Ada juga dari si pengeksploitasi yang cara menebang pohon gaharu seenaknya. Pohon gaharu yang memiliki getah ataupun tidak memiliki getah semua ikut ditebang akhirnya lama – kelamaan habis.

Pohon gaharu ini dapat tumbuh mencapai ketinggian sekitar 40 m dan memiliki diameter batang berukuran 60 cm. Batang pohon gaharu ini lurus dan tidak berbanir, kulit batangnya halus dan berwarna coklat keputihan. Daun dari pohon gaharu ini tunggal, berseling, dan bentuknya jorong memanjang. Bunga dari pohon gaharu ini berbentuk mirip seperti payung dan bercabang. Bunga dari pohon gaharu ini berukuran kecil dan berwarna hijau dan kuning kotor. Buah dari pohon gaharu berbentuk bulat dan memiliki bulu yang halus. Untuk perkembang biakkan pohon gaharu ini pernah dilakukan dengan biji (generatif) dan hasilnya mengejutkan hanya dalam waktu 3 tahun pohon gaharu muda sudah mencapai tinggi 2,5 m.

 

Untuk yang berminat silahkan hubungi nomor HP, email, atau langsung datang ke alamat di bawah ini :

AGRO SEJAHTERA
Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
081398211156 / 0813-9821-1156 / agrosejahtera1@gmail.com

 

Budidaya bibit gaharu dengan mudah

 

  • Pemilihan bibit pohon gaharu

Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah

Pemilihan bibit pohon gaharu ini sangat penting dilakukan dan merupakan hal dasar sebelum melakukan pembudidayaan. Pilihlah bibit pohon gaharu yang benar – benar memiliki kualitas. Dan pastikan bibit pohon gaharu yang dipilih bebas dari penyakit. Berikut ini adalah ciri – ciri bibit pohon gaharu yang sudah terkontaminasi oleh penyakit :

 

  • Akar tidak menembus bagian media tanam (misalnya polybag).

 

  • Diameter batang yang dimiliki bibit pohon gaharu berukuran kurang dari 1 cm (ukuran ideal).

 

  • Tinggi bibit pohon gaharu yang ideal adalah 20 cm – 30 cm. Jika kurang maka bibit itu tidak sehat.

 

  • Proses persiapan lahan untuk penanaman bibit pohon gaharu

 

Bila bibit sudah disiapkan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah persiapan lahan. Hal – hal yang dilakukan dalam persiapan lahan ini antara lain :

 

  • Lubang tanam harus dibuat minimal 2 minggu sebelum proses penanaman bibit.

 

  • Lubang tanam yang biasa digunakan untuk bibit gaharu ini memiliki ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm.

 

  • Jarak tanam yang ideal untuk bibit pohon gaharu ini adalah 3 x 3 m per bibit. Atau bisa disesuaikan tergantung luas lahannya asalkan jarak tetap ada.

 

  • Tambahkan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos) pada lubang tanam yang sudah disiapkan. Dosis yang digunakan per lubang tanam yakni 3 – 5 kg.

 

  • Selain pupuk organik alangkah baiknya juga menggunakan pupuk anorganik. Pupuk jenis NPK bisa dituangkan ke dalam lubang tanam dengan dosis 20 – 30 gram per lubang.

 

  • Setelah itu biarkan lubang tanam itu selama 1 minggu agar pupuk – pupuk tadi bercampur tanah dengan baik.

 

  • Proses penanaman pohon gaharu

Setelah lubang tanam sudah siap tinggal kita lakukan proses penanaman bibit pohon gaharu. Waktu yang baik untuk menanam bibit pohon gaharu ini adalah pada saat musim hujan dan dilakukan pada sore hari. Metode penanaman pohon gaharu ini dapat dilakukan dengan cara monokultur atau polikultur. Setelah bibit pohon gaharu ditanam timbun dengan tanah secara pelan – pelan dan padat agar bibit pohon gaharu nantinya tidak rebah.

 

  • Pemeliharaan dan perawatan bibit pohon gaharu

Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah

Perawatan dan pemeliharaan bibit pohon gaharu ini merupakan faktor yang paling penting. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan tanaman lain nya yakni :

 

  • Pengairan, pengairan pohon gaharu dilakukan dengan cara menyiram lahan sekitarnya. Lakukan penyiraman rutin 1 x sehari, namun jika musim hujan sebaiknya jangan melakukan penyiraman yang berlebihan karena akan menyebabkan kebusukan pada akar pohon gaharu. Apabila memasuki musim kemarau lakukan penyiraman sesering mungkin agar nutrisi pohon gaharu tetap terjaga.

 

  • Pemberian pohon peneduh, bibit pohon gaharu ini nantinya memerlukan sebuah pohon peneduh. Pohon yang sering digunakan sebagai pohon peneduh untuk pohon gaharu adalah pohon pepaya atau pohon singkong. Namun ada juga yang membuat peneduh dari pelepah kelapa dan daun ilalang.

 

  • Pemangkasan cabang, pemangkasan pada pohon gaharu ini dimaksudkan untuk percepatan tumbuh pohon gaharu. Pemangkasan ini mengurangi ranting – ranting yang terdapat pada cabang pohon gaharu. Lakukan pemangkasan rutin selama 2 minggu sekali.

 

  • Pemupukan, pemupukan pada pohon gaharu ini biasanya menggunakan jenis pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos). Pupuk organik ini dapat digunakan pada pohon gaharu selama 6 bulan sekali. Sedangkan untuk pupuk anorganik (pupuk NPK) dapat diberikan selama 3 bulan sekali.

 

  • Penyiangan, lakukan penyiangan secara rutin agar bibit gulma ini terbebas dari berbagai macam gulma. Gulma yang tumbuh tidak terkontrol bisa menghambat pertumbuhan bibit pohon gaharu.

 

  • Soal hama dan penyakit yang menyerang pohon gaharu

Hama dan penyakit yang menyerang pohon gaharu tidak boleh disepelekan. Karena apabila pohon gaharu sudah terkena hama dan penyakit maka akan berpengaruh pada produksi getahnya dan itu sangat merugikan. Pengendalian hama dan penyakit pohon gaharu dapat dilakukan dengan cara penyemprotan pestisida pada bibit pohon gaharu ini. Pestisida ini nantinya mampu membasmi berbagai jenis kutu dan mencegah penyakit busuk akar.

Gaharu ini bisa memiliki getah yang harum karena ulah dari sebuah parasit. Parasit ini bernama Ascomycetes, parasit ini memiliki kulit berwarna gelap sehingga menyebabkan kayu gaharu juga ikut berubah jadi gelap. Hal ini berarti kayu gaharu sudah siap untuk dipanen karena getah nya sudah mulai keluar.

Dalam proses pembudidayaan pohon gaharu ini memerlukan teori dan pengaplikasian di lapangan yang tinggi agar pohon gaharu dapat menghasilkan getah semua. Karena saat proses pemanenan kayu pohon gaharu tidak semua pohon gaharu ini menghasilkan getah. Oleh karena itu perlu didukung dengan cara – cara alternatif agar bisa memanen pohon gaharu secara maksimal. Pohon gaharu di Indonesia tumbuh secara liar di pulau Nusa Tenggara. Namun masyarakat disana kurang bisa memanfaatkan hal tersebut. Padahal tanah di pulau sana sangat cocok bagi pertumbuhan  pohon gaharu.

 

  • Pemanenan pohon gaharu

Jual Bibit Pohon Gaharu Murah Meriah

Pohon gaharu ini dapat dipanen setelah menginjak usia 7 tahunan. Pada umur 7 tahun ini para petani biasanya menyuntikkan semacam  bibit cendawan ke dalam batang pohon gaharu untuk proses penyempurnaan batang. Ciri batang yang sudah sempurna adalah batang gaharu yang berwarna kehitaman. Jangan lupa lakukan reboisasi kembali setelah melakukan penebangan pohon gaharu agar ekosistem pohon gaharu tetap terjaga dengan baik.

 

Kesalahan – kesalahan para petani pohon gaharu

 

  • Banyak petani sekarang ini malah menjadikan pohon gaharu hanya sebagai kayu bakar. Ini merupakan kesalahan besar mengingat harga pohon gaharu ini sangat tinggi sekali.

 

  • Petani yang mudah percaya akan bibit pohon gaharu abal – abal. Sekarang banyak penipuan tentang penjualan bibit gaharu berkualitas tinggi “katanya”. Contohnya adalah kasus bibit pohon gaharu superking. Bibit gaharu jenis ini tidak pernah ada dan jelas merupakan penipuan.

 

Sebaiknya di zaman sekarang ini petani – petani gaharu lebih selektif terhadap pemilihan bibit gaharu dan memilih para penjual bibit yang terpercaya. Petani gaharu sebaiknya juga harus meningkatkan pengetahuan tentang budidaya pohon gaharu yang baik dan bisa memperoleh hasil panen yang maksimal.