Jual Bibit Anggur Mario

Jual Bibit Anggur Mario – Varietas anggur yang satu ini mungkin masih terasa asing dan tak banyak orang mengenalnya. Buah anggur  mario merupakan varietas anggur import khas negara Jepang,yang mana anggur jenis ini masih berkawan dengan anggur meja pada umumnya.

Anggur Mario ini dapat dengan langsung di konsumsi atau mulai dipanen ketika berada di  awal pertengahan atau ketika buah ini belum matang secara keseluruhan kematangan.

Anggur mario ini terkesan mirip dengan anggur jejis Rizamat, yakni sama-sama mempunyai bentuk menyerupai telur yang panjang dan sedikit oval, berat rata-rata anggur mario ini bisa mencapai 20 g. 

Jual Bibit Anggur Import Mario

Ciri-Ciri Anggur Mario

Ciri utama anggur mario ini mempunyai Warna kulit merah sampai merah tua dalam keadaan matang, namun anggur mario ini ternyata juga mampu berubah warna kulitnya menjadi merah-biru ketika ditanam di daerah yang lebih dingin. 

Daging buah anggur mario ini cukup padat dan tidak begitu mengandung serat dan dominan berdaging, anda bisa memakan langsung buah anggur mario ini,namun sebaiknya anda kupas dulu kulitnya supaya terasa nikmat nya ketika dimakan. Kandungan Gula pada anggur Mario ini mencapai angka 20-23 brix Tanda Nya berukuran besar, 800g atau lebih. Kekuatan pertumbuhan semak-semak tinggi.

Anggur Mario dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik pada daerah dengan ketinggian 25 – 300 mdpl, curah hujan 800 mm / tahun dengan 3-4 bulan kering dan pH tanah 6-7. Temperatur udara rata-rata 25 – 31 ° C, kelembaban udara 75 – 80% dan intensitas penyinaran 50% – 80%.

Pohon Anggur Mario menyukai tanah berpasir dan lempung dengan drainase yang baik. Kondisi di atas dapat kita sesuaikan karena kita akan menanam Anggur Mario di dalam pot. Kami tidak akan berbicara tentang menanam biji Anggur Mario atau menanam Anggur Mario dari biji. Kami menggunakan biji Anggur Mario dari stek batang.

Baca Juga: Jual Bibit Anggur Kamarkod

Jual Bibit Anggur Import Mario

Cara Menanam Bibit Anggur Mario

Bibit Anggur Mario bisa didapatkan dengan cara membeli dari penangkar bibit atau kita bisa membuatnya sendiri.

Persiapan stek batang Anggur Mario

Stek diambil dari pohon induk yang berumur lebih dari satu tahun.

Batang yang akan diambil sebaiknya berbentuk bulat sekitar 1 cm, kulit berwarna coklat muda dan bening serta bagian bawah kulit berwarna hijau, berair dan bebas flek hitam.

Stek potong sekitar 20 cm yang terdiri dari minimal 2 – 3 ruas atau tunas

Tunas yang sehat berukuran besar dan padat, sedangkan tunas yang tidak sehat berukuran kecil dan tampak putih seperti tunas kapas.

Taburkan stek Anggur Mario

Siapkan media tanam dari campuran tanah – pasir – kompos dengan perbandingan 2: 1: 1

Beri makan media tanam dalam kantong plastik yang telah disediakan

Masukkan potongan batang Anggur Mario ke dalam kantong plastik

Bilas dengan air yang dicampur dengan Trichoderma dan hormon perangsang akar

Tempatkan stek di tempat teduh dan jaga agar tanah tetap lembab dengan menyiram setiap pagi dan sore hingga tunas dan akar tumbuh.

Stek Anggur Mario siap dipindahkan ke dalam pot tanam ketika 2 daun penuh telah tumbuh. Hubungi Jual bibit anggur import

Jual Bibit Anggur Mario

Sedia Bibit Anggur,aman,kualitas bagus dan terpercaya

Harga Bibit Anggur Mario

Bibit Anggur Harga (IDR)
bibit anggur Mario Rp 150.000

Siapkan media tanam yang akan kita gunakan dengan tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1: 1: 1 Tanah: pasir dan kompos. Campur bahan sampai homogen dan tercampur.

Masukkan media ke dalam toples hingga penuh dan bilas dengan air.

Tanam bibit Anggur Mario yang disiapkan di tengah pot dan sirami hingga semua media di dalam pot menjadi basah atau lembab.

Buatlah kisi-kisi dari besi atau kawat kayu dengan membuatnya seperti kisi-kisi kotak di sekeliling sisi pot. Kita bisa kreatif membuat para-para ini.

Tambahkan Trichoderma di sekitar biji Anggur Mario agar tidak ada jamur yang mengganggu pertumbuhan benih yang telah kita tanam.

Pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 1 bulan. Pupuk yang digunakan adalah NPK 15:15: 15. Satu sendok makan pupuk NPK dilarutkan dalam 1 liter air kemudian disiramkan ke sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Pemangkasan sebaiknya dilakukan bila batang utama (primer) dan cabang sekunder telah melebihi tinggi para-para. Pemangkasan dilakukan dengan gunting tajam. Pemangkasan sebaiknya dilakukan secara rutin agar tanaman memiliki bentuk sesuai dengan alas yang telah kita siapkan.

Jual Bibit Anggur Mario

Jual Bibit Anggur Mario

Ada beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman, antara lain:

Phylloxera Vitifolia – Phylloxera Vitifolia menyerang buah Anggur Mario dari biji hingga tanaman tua dan menyebabkan tanaman mengering dan mati. Phylloxera Vitifolia biasanya mengendap di bawah kulit kayu yang terkelupas dan di jaringan akar. Hama ini biasanya langsung menyerang daun dan akar tanaman. Gejala yang terlihat adalah daun membentuk bisul kecil sedangkan akar tanaman membengkak seperti kutil.

Kumbang perusak Apogonia – Kumbang Apogonia menyerang daun Anggur Mario terutama pada malam hari. Kumbang perusak apogonia adalah kumbang kecil berwarna hitam mengkilap dan mudah tertarik pada sinar cahaya.

Wereng – Menyebabkan daun Anggur Mario berbintik putih menjadi kuning kecoklatan dan kemudian gugur.

Kutu putih – Kutu putih ini menyerang pucuk atau pucuk tanaman sehingga pucuk tanaman menjadi kerdil.

Ulat Daun – Merusak tanaman merambat dengan memakan daun Anggur Mario, terutama yang masih muda

Rayap – Rayap biasanya menyerang akar tanaman muda, menyebabkannya layu dan akhirnya mati.

Pemusnahan hama tersebut di atas dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida pada daerah yang terkena. Penyemprotan harus dilakukan secara teratur dan harus dihentikan sebelum periode pemetikan. Khusus untuk hama Phyloxera vitifolia dilakukan dengan cara menaburkan insektisida di sekitar tanaman. Penyiraman bisa dilakukan sebelum tanam, sesudah tanam dan sesudah panen.

Hama yang biasa mengganggu pertumbuhan Anggur Mario

Serangan penyakit tanaman merambat sangat merugikan karena dapat menyebabkan kerusakan yang parah bahkan mematikan tanaman. Beberapa penyakit utama tanaman Anggur Mario adalah:

Downy Mildew (jamur) – Downy mildew biasanya menyerang saat musim hujan atau saat kelembaban tinggi. Gejala serangannya antara lain daun menguning dan bedak putih kekuningan di bagian bawah daun. Jamur tepung dapat menyebabkan daun, bunga, dan tandan muda mati bila terkena penyakit.

Embun tepung (powdery mildew) – Embun tepung biasanya menyerang pucuk, bunga dan buah muda. Jamur tepung juga dapat menyerang cabang tanaman, menyebabkannya menjadi kerdil dan rusak. Gejala serangan penyakit ini adalah adanya serbuk tipis berwarna putih keabuan pada permukaan daun.

Busuk hitam – Busuk hitam menyebabkan buah Anggur Mario berkerut, busuk dan rontok.

Phakospora Vitis – Ciri fisik yang terlihat adalah daun bagian bawah yang dilapisi bubuk jeruk (massa spora).

Peronospora – Peronospora menyerang daun Anggur Mario, terutama saat kondisi udara terlalu lembab. Serangan peronospora dapat dikenali dengan adanya spora kuning di bawah permukaan daun.

Penyakit Anggur Mario dapat dicegah dengan penyemprotan fungisida secara teratur. Fungisida ini dapat disemprotkan sebelum masa berbunga, setelah berbunga dan 8-12 hari setelah aplikasi kedua setelah berbunga. Busuk hitam dapat dikendalikan dengan penyemprotan fungisida sebelum berbunga, selama berbunga dan 2 minggu sebelum masa pemetikan.

Cara Merawat Anggur Mario

Tanaman merambat dalam pot akan tumbuh dengan baik karena akarnya dapat berkembang dengan baik dan memberikan nutrisi yang cukup. Tanaman rambat di dalam pot dibiarkan tumbuh hingga berumur lebih dari 6 bulan.