Jual Bibit Anggur Import

Jual Bibit Anggur Import. Di tengah masa pandemi covid-19 ini dan tentunya beberapa dari kita pastinya mengalami imbas yang sama baik dari segi pemasukan karena maraknya PHK,namun hal ini bisa jadi memungkinkan untuk banyak orang yang merasa bosan karena hanya di rumah saja tanpa ada kegiatan seperti biasanya.

Jual Bibit Anggur Import

Dan akhir-akhir ini banyak aktivitas yang kiranya mampu mendorong ekonomi agar kuat lagi. Nah,teruntuk saat ini ternyata ada banyak sekali orang yang menjual bibit Buah Anggur secara online. Dari penjualan bibit anggur tersebut tentunya ada beberapa varietas anggur yang masif di jual di pasaran yakni Anggur lokal, ada pula varietas anggur import.

Dari segi Harga tentunya sudah pasti berbeda. Varietas Buah Anggur lo

Jual Bibit Anggur Import

kal hanya berjumlah puluhan ribu saja, sedangkan untuk anggur import bahkan mampu mencapai hingga ratusan ribu.

Pertanyaan yang kerap Muncul di benak kita adalah………

Varietas mana yang akan kita pilih dan yang cocok di lingkungan tempat anda tinggal?

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba menjawab tentang beberapa pertanyaan yang cukup mendasar tentang masifnya orang yang berjualan bibit Anggur,dan menilai perbedaan antara Anggur Import dan Anggur lokal,supaya kita tahu persis perbedaan nya. Mari kita mulai!

ANGGUR LOKAL VS ANGGUR IMPORT

FAKTA Yang Beredar secara Umum:

  • Mayoritas penghobi atau petani anggur pastinya akan memilih varietas anggur yang mempunyai hasil panen mumpuni serta menghasilkan Buah anggur dengan rasa Manis dan Besar.
  • Serta lebih tertarik pada varietas anggur yang masa panen dan perawatannya tergolong Mudah dan Cepat Berbuah.

Apakah anda setuju dengan pernyataan saya di atas!?

Kalo iya, mari kita lanjutkan sesi ini . . .

Pertama…

Sayang ingin bertanya satu hal:

Apakah anda tahu persis definisi “Anggur Lokal” dan “Anggur Import”?

Padahal kalau kita merujuk pada buah anggur ini saja faktanya jelas bahwa sesungguhnya tidak ada satupun jenis anggur yang ASLI dari Indonesia!

Tahukah anda…

Berdasarkan fakta yang beredar luas menjelaskan bahwa semua varietas anggur yang hingga saat ini tersedia di negeri kita adalah hasil introduksi / import dari negara lain yang kebanyakan memiliki 4 musim (semi, panas, gugur, dingin) seperti negara Jepang, Rusia, Amerika, dan seterusnya.

Jadi, seluruh varietas anggur yang ada di tanah air kita adalah tanaman yang dihasilkan dengan cara import, tidak ada satupun buah anggur yang asli dari wilayah Indonesia!

Jual Bibit Anggur Import

Singkat kata…

Seharusnya apa yang ada di beka pikiran masyarakat luas tidak menyebut adanya istilah bahwa “ini” adalah anggur lokal dan “itu”, karena faktanya semuanya adalah hasil import!

Anda mungkin bertanya…

“Lalu, mengapa ada istilah Anggur Lokal dan Import?”

Atau jika anda tidak sempat, maka disini tugas saya untuk memberikan penjelasan yang ringkas dan mudah dimengerti dari saya:

Sebelumnya, saya jelaskan dahulu bahwa sebenarnya terdapat puluhan varietas anggur yang sudah lama tersebar luas dan hampir ada di seluruh pelosok Indonesia, namun secara garis besar wilayah yang banyak menghasilkan buah anggur terdapat di  Pulau Jawa.

Nah,dari sekian banyak varietas dari buah anggur tersebut kemudian dengan cepat langsung dibawa masuk oleh kalangan tertentu sejak zaman Hindia Belanda masih berkuasa di Indonesia dan bahkan varietas tersebut sebagian besar masih ada hingga sekarang

Singkat cerita…

Setelah masuk ke tahun 2005 hingga saat iini, telah banyak bermunculan para kolektor anggur yang tersebar di Indonesia dan tentunya dengan segudang informasi serta pengalaman,mereka-mereka ini dengan masif mengimport varietas baru dari berbagai negara seperti Rusia, Ukraina, Amerika, Jepang dan dari negara lain nya. Mereka awalnya membeli dari toko online yang berbasis internasional maupun ada yang pesan dari teman atau kenalan yang kala itu masih berkecimpung di perkebunan anggur yang ada di luar negeri.

Sampai akhirnya menginjak tahun 2018 ini, tercatat sudah ada lebih dari 50 varietas anggur baru yang sudah berhasil di masukkan ke Indonesia. Seharusnya mereka menambahkan bahwa bisa lebih dari itu, tetapi banyak yang gagal karena sudah pasti terjerat dengan masalah izin yang tidak keluar dari  Bea Cukai  (jika masih nekat,siap-siap saja akan disita pihak berwenang).

Kemudian…

Para kolektor anggur ini kemudian mempunyai inisiatif untuk secara teliti membedakan antara varietas anggur jenis baru tersebut dengan varietas anggur yang sudah lama berkembang besar di Indonesia dengan istilah Anggur Import dan Anggur Lokal, ini difungsikan agar dengan mudah dalam mengidentifikasi varietas anggur tersebut.

Sebab, adanya varietas baru atau  impor yang secara kebetulan masih dalam proses eksperimen, dan tentunya untuk menemukan varietas mana saja yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di negara kita.

Jual Bibit Anggur Import

Hingga Sekarang tercatat telah didapatkan lebih dari 30 lebih varietas anggur kualitas import yang tentunya  sudah teruji dengan baik dan mampu tumbuh dan pastinya berbuah sangat baik ketika berada di tanah Indonesia ini sebagaimana varietas anggur lokal yang sudah mendahului.

Jual Bibit Anggur Import

“Mengapa bibit anggur import terbilang sangat mahal?”

Saya membagi nya dengan 2 alasan kuatsebagai berikut.

Pertama, karena alasan TREND!

Di Indonesia sendiri tentunya bukan rahasia umum lagi bahwa mayoritas masyarakat kita ini bersikap terlalu ‘berlebihan’ terhadap segala macam jenis produk yang berbau import. Baik itu dari segi fashion,Gaya Hidup serta produk-produk apapun yang mengadopsi gaya luar negeri

Hampir semua produk yang dilabeli kata ‘import’ sudah pasti memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan produk buatan lokal.

Kedua, karena produksinya yang sangat TERBATAS!

Menurut sepengetahuan saya hingga saat ini ternyata hanya belasan saja kolektor yang benar-benar masih fokus ke sektor buah anggur ini dan tak banyak dari seluruh Indonesia yang memproduksi bibit anggur import di kebun mereka.

Sementara masing-masing dari mereka ini menjelaskan hanya mampu memproduksi dalam jumlah yang sedikit, dengan alasan adanya keterbatasan sumber daya lain seperti entres atau pohon indukan, rootstock, tenaga kerja, luas lahan dan lain sebagainya.

Sedangkan ketika produk Import ini menjamur di pasaran,maka sudah pasti akan banjir permintaan dan akan berlanjut sangat tinggi. Alhasil harga nya pun akan terdongkrak naik hingga ratusan ribu bahkan jutaan ruiah.

Di area tempat kebun kami berpijak,proses budidaya anggur import di tempat kami cukup pesat dan bahkan setidaknya hampir setiap bulan menerima pesanan bibit anggur import hingga ratusan batang dari berbagai kota yang tersebar se-Indonesia.

Oke…

Sampai di sini anda sudah paham kan tentang 3 poin penting yang saya sampaikan di atas:

  1. Apa definisi anggur lokal dan import…
  2. Mengapa ada 2 istilah tersebut…
  3. Penyebab bibit anggur import sangat mahal…

Sekarang saya akan jawab pertanyaan di awal tadi:

Manakah yang terbaik antara anggur lokal dan import?”

Saya pribadi akan tegas menjawab, bahwa “Keduanya mempunyai kualitas serta mempunyai keunikan dari segi bentuk,tekstur buah dan hampir masing-masing mempunyai kuantitas yang sama-sama bagus secara menyeluruh, asalkan buah anggur yang dihasilkan ini mempunyai rasa  manis dan mempunyai ukuran besar, dan tentu saja faktor perawatan yang tergolong mudah,tidak berbelit-belit dan pastinya cepat berbuah!”

Karena…

Tidak semua varietas anggur import ini memiliki karakter di atas dan pasti ada salah satu keunggulan serta kekurangan dari anggur import tersebut, begitupun anggur lokal.

Jadi yang saya gunakan sebagai tolok ukur bukanlah pada soal import atau lokalnya, tapi lebih kepada kualitas buah dan kemudahan perawatan.