Bibit Unggul Durian Sunan dengan Harga Grosir Murah Meriah

Bibit Unggul Durian Sunan dengan Harga Grosir Murah Meriah. Pihak kami menyediakan berbagai jenis bibit buah, pohon , dan tanaman hias berkualitas tinggi namun harga nya yang murah. Bibit Рbibit ini dijamin asli dan tidak ada penipuan. Terbukti berpengalaman dalam mengerjakan proyek lokal dan nasional. Hubungi kami di WA 081259607884 | Call 0852-5918-3824 / agrosejahtera1@gmail.com. Anda bisa melihat Рlihat bibit kami yang lainnya di sini.

Durian Sunan

Bibit Unggul Durian Sunan dengan Harga Grosir Murah Meriah

Durian sunan ini merupakan durian asli yang berasal dari daerah Boyolali. Durian sunan ini sering disebut juga sebagai durian gendol. Durian sunan ini sangat mudah untuk dibelah, memiliki berat sekitar 1,5 – 2,5 kg per buah nya. Daging buah dari durian sunan ini bersifat kering, berlemak , namun tebal. Tekstur daging buahnya sangat lembut dan mengeluarkan aroma yang khas. Pohon durian sunan dapat tumbuh di daerah yang mencapai ketinggian 400 – 600 mdpl. Pohon durian sunan dapat menghasilkan buah sampai 200 – 800 buah per pohon setiap tahunnya. Durian sunan ini terbilang tahan akan penyakit busuk dan hama penggerek. Pada zaman dahulu durian sunan ini hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan saja namun seiring majunya zaman durian sunan ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Pada saat ini penggemar durian sunan mulai mengalami peningkatan sehingga akan sangat menguntungkan bila mengadakan budidaya pohon durian sunan ini.

Sebenarnya ukuran buah durian sunan ini terbilang sangat kecil. Namun dengan ukuran yang kecil ini daging buah durian sunan ternyata tebal. Hal ini juga merupakan keunggulan tersendiri bagi durian sunan. Durian sunan ternyata memiliki turunan yang sekarang ini dalam pengembangan namanya adalah durian sunan turunan. Durian sunan turunan ini sebenarnya hampir sama dengan durian sunan namun yang membedakan hanya tempat tumbuh pohonnya saja. Daging buah durian sunan turunan ini berwarna keputihan, berukuran besar, dan memiliki bau yang sangat tajam. Rasanya cukup manis, gurih, lembut di mulut , dan kesat. Harga durian sunan turunan ini juga terbilang cukup murah dan banyak dijual di kota Banyumas. Namun durian sunan ini masih sedikit peminatnya dan kalah jauh dibandingkan dengan durian petruk yang sama – sama berasal dari Jawa Tengah. Buah durian sunan ini sering dijadikan sebagai buah segar (langsung makan) ataupun diolah sebagai jus, campuran es buah, bahkan kolak. Ada juga yang memanfaatkannya untuk dijadikan bahan dasar pembuatan dodol.

 

Untuk yang berminat silahkan hubungi nomor HP, email, atau langsung datang ke alamat di bawah ini :

AGRO SEJAHTERA
Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
081259607884 / 0852-5918-3824 / agrosejahtera1@gmail.com

 

Cara budidaya bibit durian sunan dengan mudah

 

  • Pemilihan bibit durian sunan

Bibit Unggul Durian Sunan dengan Harga Grosir Murah Meriah

Bibit durian sunan hasil generatif (alami), hendaknya memilih bakal biji durian sunan yang matang di pohon dan jangan mengambil biji dari durian sunan yang matang terpisah dari pohonnya. Hal ini dapat mempengaruhi bakal pohon durian sunan nantinya. Pilih biji yang mempunyai bentuk yang bulat besar.

Bibit durian sunan hasil vegetatif (buatan), Bibit durian sunan yang diambil secara vegetatif ini kebanyakan hasil dari proses okulasi. Bibit durian sunan vegetatif ini banyak dijual di toko – toko bibit tanaman.

 

  • Persiapan lahan untuk penanaman bibit durian sunan

Lahan yang akan untuk digunakan penanaman bibit durian sunan ini sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu dari rerumputan, sisa – sisa pohon tebangan, maupun gulma – gulma. Di sekitar daerah lahan juga harus dipersiapkan aliran drainase yang terstruktur agar tidak ada peristiwa tergenangnya air di daerah lahan. Kegiatan persiapan lahan ini lebih baik dilaksanakan sebelum musim penghujan datang.

 

  • Proses penanaman bibit durian sunan

Ukuran lubang tanam yang dibutuhkan untuk bibit durian sunan ini berukuran sekitar 80 x 80 x 70 cm namun bisa juga 70 x 70 x 60 cm. Ukuran lubang tanam untuk bibit durian sunan ini disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lubang tanam ini nantinya akan dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

Penanaman bibit durian sunan ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian sunan ini ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit durian sunan tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon durian sunan ini dapat tumbuh tegak. Bibit pohon durian sunan yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian sunan ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil.

 

  • Tahap pemeliharaan bibit durian sunan

CIMG3385 1 1

Tahap penyiangan, pastikan lakukan penyiangan terhadap bibit durian sunan yang baru ditanam agar bibit durian terbebas dari gulma sehingga pertumbuhan dan perkembangan bibit durian sunan ini tidak akan terhambat.

Tahap penyiraman, hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman :

 

  • Penyiraman awal bibit durian sunan ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari , siram dengan air yang cukup dan jangan sampai terjadi penggenangan.

 

  • Kebutuhan air yang diperlukan untuk bibit durian sunan ini adalah sekitar 4 – 5 L/hari. Apabila sudah berusia dewasa kebutuhan air mencapai 10 – 12 L/hari.

 

  • Setelah bibit durian sunan ini berusia 1 bulanan, penyiraman air dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu. Karena biasanya bibit durian sunan ini sudah menunjukkan bakal buah nya.

 

  • Penyiraman air pada pohon durian sunan ini usahakan jangan sampai terlambat karena bisa menyebabkan pohon durian kehilangan bakal buahnya.

 

  • Bila nantinya pohon durian sunan sudah melalui proses panen kebutuhan air nya akan meningkat secara drastis. Ini dikarenakan pohon durian perlu air untuk memulihkan kondisi nya menjadi normal kembali.

Tahap pemupukan, pemupukan bibit durian sunan ini bisa dilakukan dengan dosis – dosis tertentu sesuai dengan umurnya , berikut adalah contohnya (penggunaan pupuk jenis NPK) :

 

  • Bibit durian sunan usia 1 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 40 gram – 80 gram per pohonnya untuk 1 tahun.

 

  • Bibit durian sunan usia 2 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 150 gram – 300 gram per pohonnya untuk 1 tahun.

 

  • Bibit durian sunan usia 3 tahun – 4 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 400 gram – 600 gram per pohonnya untuk 1 tahun.

 

  • Untuk usia seterusnya bisa digunakan pupuk jenis kompos saja (pupuk organik) setahun sekali pada saat akhir musim hujan dengan dosis 15 – 20 kg per pohonnya.

 

  • Tahap penjarangan buah durian sunan

durian makassar 1 1

Penjarangan buah ini dilakukan agar pohon durian sunan nantinya tidak mati karena proses pembuahan yang memerlukan energi yang banyak. Penjarangan buah durian sunan ini berlangsung bersamaan dengan pengguguran bunga oleh pohon durian sunan. Apabila pengguguran bunga selesai saat itu juga harus segera dilakukan penjarangan buah. Syarat penjarangan buah durian sunan secara mekanis dilakukan sebagai berikut :

 

  • Pada saat buah durian sunan mulai sebesar bola tenis, tiap dompol terdiri dari 1 – 2 buah dengan bentuk yang normal, sehat, dan bebas dari hama dan penyakit.

 

  • Buah durian sunan tidak saling bersinggungan dan membentuk jarak antar dompol masing – masing 20 cm – 30 cm.

 

Berikutnya adalah syarat penjarangan buah durian sunan secara kimiawi, penjarangan secara kimiawi ini dilakukan dengan menyemprotkan sebuah hormon ( namanya Auxin A ). Pada saat bunga pohon durian sunan sudah mulai terbuka dan siap dibuahi, hormon ini disemprotkan. Pada bunga yang mendapat semprotan ini akan terus melakukan proses pembuahan dan bunga yang tidak tersemprot akan mati dengan sendirinya lama – kelamaan.

 

  • Soal hama dan penyakit yang menyerang pohon durian sunan

Gejala buah durian sunan yang sudah terserang hama dan penyakit adalah jatuh dari pohonnya sebelum buah itu matang. Untuk mencegah hama dan penyakit menyerang pohon durian sunan biasanya dilakukan pengasapan bawah pohon pada sore hari (mengusir hama imago).

 

  • Panen buah durian sunan

panen durian di kebun komang supandi malah tewas kejatuhan durian 700x350 1 1

Pohon durian sunan sudah siap dipanen apabila buah yang dihasilkan menunjukkan ciri – ciri sebagai berikut :

 

  • Ujung duri dari buah durian sunan yang dihasilkan berwarna coklat kehitaman.

 

  • Warna garin antara duri dari buah durian sunan terlihat kontras dan jelas.

 

  • Berbau khas aroma durian sunan.

 

  • Apabila buah durian sunan ini dipukul – pukul mengeluarkan bunyi gema.