Bibit Palem Putri Unggul

Palem PutriBibit Palem Putri Unggul

Adalah  tanaman palem yang berukuran kecil yang hampir menyerupai versi kecil dari Roystonea regia atau palem raja.Tanaman  Palem Putri ini memiliki batang tunggal berwarna gelap abu-abu dengan bentuk yang ramping namun sedikit bengkak dibagian dasar batang. Tumbuhan palem putri memiliki daun yang agak rapih dan jumlahnya mencapai belasan. Di wilayah Indonesia pohon palem puteri ini memiliki lebar tajuk hingga mencapai 2 meter dan bahakan lebih lebar lagi,setiap daun mencapai maksimal 2m. Bentuk fisik daun palem putri agak mirip dengan palem raja hanya saja daunnya memiliki warna yang lebih kehijauan. Tanaman ini akan tumbuh di habitat yang sesuai, tingginya bisa mencapai  sekitar 7 m.

Palem ini jenis  berasal dari negara Filipina dan kini telah menjadi tanaman lansekap yang sangat terkenal di beberapa ibukota di Indonesia maupun di mancanegara, oleh karena itu palem putri ini kerap di sebut sebagai palem manila karena berasal dari negara Filipina. Palem ini juga mempunyai buah yang berwarna merah sehingga sering juga disebut sebagai Christmas Palm atau Palem natal di karenakan buahnya yang bersinar seperti lampu saat perayaan natal. Untuk Pemesanan Hubungi:

AGRO SEJAHTERA
Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
081398211156 | Call 0813-9821-1156  / agrosejahtera1@gmail.com

 

Palem puteri ini termasuk ke dalam jenis tanaman yang memiliki persyaratan tumbuh dengan mudah. Tanaman ini suka terkena paparan sinar matahari yang penuh tanpa naungan dengan struktur tanah yang sedikit berpasir tanpa perlu di sirami setiap hari dan sedikit toleran terhadap tanah yang memiliki sedikit unsur garam. Namun palem puteri ini sangat tidak cocok dengan tanah yang terus menerus cenderung basah dan liat.

Palem putri juga cukup mentoleransi jika terjadi kekeringan hebat sehingga sangat cocok tumbuh di dataran rendah yang beriklim tropis. Suhu udara yang digunakan antara 25-33C, dan masih tumbuh dengan baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut. Tanaman ini mempunyai masa perkecambahan sekitar 1 sampai 4 bulan, namun pada saat berkecambah dan pembibitan sebaiknya tanaman jangan terkena sinar matahari secara langsung. 

Jika andatidak memiliki lahan atau taman yang luas, anda dapat menanam  palem putri ini ke dalam sebuah pot yang cukup besar. Namun anda wajib memastikan palem putri tersebut mendapatkan nutrisi yang cukup dengan habitat yang sesuai supaya tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Bibit Palem Putri Unggul

SYARAT PERTUMBUHAN

  1. Iklim

  1. Tumbuhan palem adalah tumbuhan yang bisa di tanama di kawasan tropis dan subtropis sehingga cukup bagus dalam memaksimalkan pertumbuhannya yaitu dengan diperlukanya penyinaran matahari secara penuh. Pada waktu berkecambah dan pada waktu pembibitan sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung.
  1. Penyesuaian Suhu udara yang diperlukan adalah sekitar 24-33 derajat C, dan masih tumbuh baik di luar perkiraa suhu udara tropis tersebut.

PEDOMAN BUDIDAYA

. Pembibitan

Untuk skala produksi palem diperbanyak dengan biji. Ketika budidaya palem putri hanya melalui anakan maka akan memiliki resiko kegagalan bila cara yang benar tidak di aplikasikan.

1) Persyaratan Benih/Bibit

Dari berbagai jenis ada empat palem yang dibahas dan hanya jenis palem merah yang dapat menghasilkan anakan. Pemisahan anakan palem merah cukuplah sulit dan memerlukan waktu lama yaitu sekitar satu bulan dan bisa lebih. Anakan palem merah tidak bisa dipisahkan secara mendadak dari pohon induknya. Cara pemisahan terdiri 2 cara:

  1. Cara irisan bertahap

    • Iris ¼ bagian rimpang anakan dan biarkan 10 hari.
    • Lalu irisan yang terdahulu harus sampai ukuran setengah dari bagian rimpang dan biarkan dalam 10 hari kedepan.
    • Iris kembali sampai ¾ bagian dan biarkan kembali 10 hari. Setelah itu anakan dapat dilepas dari pohon induk.
  2. Cara irisan langsung

    • Potong beberapa anakan palem putri sampai benar-benar putus  akan tetapi jangan diambil dari rumpun secara langsung.
    • Biarkan irisan rimpang hidup selama beberapa bulan.
    • Siapkan tanah yang sudah di gali  di sekitar anakan itu dan angkat dengan cara putaran.

2) Teknik Penyemaian Benih

Pembibitan dengan biji terdiri atas tiga tahap yaitu pengecambahan, penumbuhan tunas dan pembesaran bibit.

  • Pengecambahan biji

Ambil buah tua yang jatuh atau buah di pohon yang kulitnya berwarna merah atau coklat kehitaman.

Rendamlah buah palem tadi ke dalam air dan kupas kulitnya serta bersihkan pula daging buah dengan cara digosok.

Tiriskan biji dan jemur sampai kering. Biji kering dapat disimpan sampai setahun dalam wadah yang bersih, kering dan tertutup.

Rendam lah biji ke dalam air yang mengandung Dithane M-45 (3cc/liter) selama 6-14 jam untuk biji lunak dan 2-5 hari untuk biji yang keras. Biji yang sudah di rendam ke dalam lumpur selama 5 har akani menghasilkan biji yang lebih cepat berkecambah.

Masukkan biji basah ke dalam kantung plastik, polybag karung untuk merangsang perkecambahkan. Setelah itu penyemprotan di dalam nya,harus di ikat dan taruh di tempat  yangteduh.

Biji akan tumbuh jecambah setelah beberapa minggu, palem putri 2-5 minggu, palem merah 2-5 minggu, palem botol 8-17 minggu dan palem raja 2-6 minggu.

Biji yang sudah mulai  berkecambah kemudian disimpan di dalam wadah berisi media mos (gambut) lembab 2-3 hari sampai radikula (calon akar) muncul.

  • Penumbuhan tunas

Siapkan media tanam terdiri atas sekam padi, pasir, pupuk kandang (1:1:1). Lalu Tambahkan sedikit  furadan atau Dithane M-45 sesuai dosis anjuran yang tertera pada kemasan.

Masukkan media ke dalam pot, polybag atau ember sebanyak 90% dari volume wadah.

Tenggelamkan ½ bagian kecambah tadi, dan letakkan kecambah dengan jarak tanam merapat dan usahakan akar langsung menembus pada media.

Taburkan selapis pasir .

Tutup wadah dengan kerudung plastik bening tempatkan di tempat teduh.

Telitilah setelah 2-3 hari, lalu semprotkan air ke dalam kerudung jika terlihat kering,setelah itu tutup kembali.

Setelah 1,5-3 bulan daun pertama akan tumbuh. Bibit dapat dipindahkan setelah memiliki 2-4 lembar daun.

Bibit Palem Putri Unggul Seluruh Indonesia

Bibit Palem Putri Unggul di Banda Aceh Propinsi Aceh

Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Naga Merah Hitam Kuningn Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam

Bibit Palem Putri Unggul di Medan Propinsi Sumatera Utara

Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi

Bibit Palem Putri Unggul di Bengkulu Propinsi Bengkulu

Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu

Bibit Palem Putri Unggul di Jambi Propinsi Jambi

Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Jambi, Sungai Penuh

Bibit Palem Putri Unggul di Pekanbaru Propinsi Riau

Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Dumai, Pekanbaru

Bibit Palem Putri Unggul di Padang Propinsi Sumatera Barat

Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok

Bibit Palem Putri Unggul di Palembang Sumatera Selatan

Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.

Bibit Palem Putri Unggul di Bandar Lampung Propinsi Lampung

Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Metro

Bibit Palem Putri Unggul di Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Pangkal Pinang

Bibit Palem Putri Unggul di Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Tanjung Pinang

Bibit Palem Putri Unggul di Banten

Tangerang, Serang, Lebak, Pandeglang, Tangerang, Serang, Cilegon, Tangerang Selatan

Bibit Palem Putri Unggul di Bandung Jawa Barat

Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya

Bibit Palem Putri Unggul di DKI Jakarta

Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara

Bibit Palem Putri Unggul di Semarang Jawa Tengah

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta

Bibit Palem Putri Unggul di Surabaya Jawa Timur

Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya

Bibit Palem Putri Unggul di Denpasar Bali

Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar

Bibit Palem Putri Unggul di Mataram Nusa Tenggara barat NTB

Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Mataram

Bibit Palem Putri Unggul di Kupang Nusa Tenggara Timur NTT

Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kupang

Bibit Palem Putri Unggul di Pontianak Kalimantan Barat

Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak, Singkawang

Bibit Palem Putri Unggul di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin

Bibit Palem Putri Unggul di Palangka raya Kalimantan Tengah

Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya.

Bibit Palem Putri Unggul di Samarinda Kalimantan Timur

Berau, Bulungan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Malinau, Nunukan, Paser, Penajam Paser Utara, Tana Tidung, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan

Bibit Palem Putri Unggul di Gorontalo Gorontalo

Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato, Gorontalo

Bibit Palem Putri Unggul di Makassar  Sulawesi Selatan

Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, Parepare

Bibit Palem Putri Unggul di Kendari Sulawesi Tenggara

Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Wakatobi, Bau-Bau, Kendari

Bibit Palem Putri Unggul di Palu Sulawesi tengah

Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Sigi, Palu

Bibit Palem Putri Unggul di Manado Sulawesi Utara

Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon

Bibit Palem Putri Unggul di Mamuju Sulawesi Barat

Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar

Bibit Palem Putri Unggul di Ambon Maluku

Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual

Bibit Palem Putri Unggul di Sofifi Maluku Utara

Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Ternate, Tidore Kepulauan

Bibit Palem Putri Unggul di Jayapura Papua

Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura

Bibit Palem Putri Unggul di Manokwari Papua Barat

Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong.

 

 

 

 

 

 

 

 

2 Comments