Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas

Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas. Siap kirim ke seluruh Indonesia. Melayani pesanan bibit pohon buah atau tanaman hias. UD Agro Sejahtera merupakan supplier bermacam – macam bibit, pohon, tanaman hias dengan jenis terlengkap. Hubungi langsung Agro Sejahtera di  WA 081259607884 | Call 0852-5918-3824 / agrosejahtera1@gmail.com. Kami menyediakan berbagai bibit mangga mulai dari jenis : bibit mangga apel, bibit mangga arumanis, bibit mangga cengkir, bibit mangga gadung, bibit mangga gedong gincu, bibit mangga golek, bibit mangga indramayu, bibit mangga irwin, bibit mangga irwin.

Budidaya dan Jual Bibit Mangga Kelapa

  1. Deskripsi tentang mangga kelapa

Mangga kelapa merupakan sejenis mangga yang memiliki musim buah yang berganti – ganti. Tidak seperti dengan jenis mangga lainnya yang memiliki musim buah pada bulan tertentu, mangga kelapa ini dapat berbuah sewaktu – waktu. Dinamakan sebagai mangga kelapa karena buah mangga jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah kelapa dan berwarna hijau. Daging buah dari buah mangga kelapa ini memiliki daging yang sangat tebal dan biji nya pun memiliki ukuran yang kecil.

Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas

Mangga kelapa merupakan jenis mangga yang mirip dengan bentuk mangga apel. Namun mangga ini lebih memiliki berat yakni 1 kg per buahnya. Pohon mangga kelapa ini merupakan pohon buah asli yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Mangga kelapa ini memiliki warna kulit buah kehijauan, memiliki daging buah yang tebal bertekstur lunak tak berserat, dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Mangga kelapa ini terbilang langka karena sedikit yang membudidayakan pohon mangga jenis ini dan peminatnya pun juga tidak terlalu banyak. Buah mangga ini memiliki biji yang relatif kecil. Pohon mangga kelapa ini berbuah sepanjang musim. Hal ini sebenarnya menguntungkan bila pohon mangga kelapa ini dibudidayakan karena bakal menghasilkan buah yang sangat banyak.

Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas

Mangga kelapa ini dinamakan seperti itu karena jenis buah mangga yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar seperti kelapa. Buah mangga kelapa ini umumnya hanya digunakan sebagai bahan pembuatan sari buah (berbentuk industri komersil). Pohon mangga ini di Indonesia sebaiknya dikembangkan karena keberadaan buah mangga jenis ini hanya terdapat di daerah Indonesia. Oleh karena itu menjadi keuntungan tersendiri bila mangga kelapa ini sampai di ekspor.

Cara budidaya pohon mangga kelapa

  • Syarat tumbuh tanaman mangga kelapa

Pohon mangga kelapa tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 300 – 500 mdpl. Pohon mangga kelapa sangat menyukai tanah yang memiliki kadar asam pH mencapai 5 – 6 . Alangkah baiknya pohon mangga kelapa ditanam di daerah yang memiliki aliran drainase yang cukup dan baik. Pohon mangga kelapa ini juga memerlukan masa kering selama 3 – 4 bulanan, jadi pemilihan daerah lahan sangat diperlukan.

  • Tahap persiapan bibit tanaman mangga kelapa

Pilih bibit mangga kelapa yang berkualitas tinggi dan baik, dan juga     tentunya sesuai dengan selera mangga kelapa daerah setempat agar mudah laku di pasaran. Bibit mangga kelapa saat ini mudah untuk didapatkan karena terdapat di toko bibit tanaman. Namun tetap diperlukan sikap hati – hati dalam memilih penjual bibit , karena bibit mangga kelapa penipuan (tidak sesuai jenis yang diinginkan) sudah banyak beredar di masyarakat. Bibit mangga kelapa yang tersedia saat ini ada 2 jenis yakni bibit generatif (biji) dan bibit vegetatif (cangkok dan okulasi). Namun apabila menginginkan pohon mangga kelapa yang cepat berbuah dan memiliki sifat sesuai induknya sebaiknya pilih bibit yang vegetatif , karena jika menggunakan bibit generatif , menghasilkan bakal pohon yang lama berbuah ( 7 tahun baru berbuah )  dan sifat bakal pohon kadang tidak sesuai dengan induknya.

  • Tahap persiapan lahan budidaya pohon mangga kelapa

Lahan yang akan digunakan untuk perkebunan mangga kelapa sebaiknya dibersihkan dahulu dari semak – semak dan gulma. Kemudian jika lahan sudah bersih selanjutnya adalah melakukan pengukuran jarak tanam. Jarak yang ideal untuk per pohon mangga kelapa adalah 10 cm x 10 cm atau 12 cm x 12 cm. Selanjutnya adalah membuat lubang tanam, apabila lahan memiliki tanah yang bertekstur keras buat lubang tanam ukuran 1 x 1 x 1 m. Apabila lahan itu memiliki tanah yang bertekstur lebih lembut buat lubang tanam ukuran 60 x 60 x 60 cm. Lubang tanam yang sudah dibuat kemudian dibiarkan selama kurang lebih 1 bulan untuk menetralkan asam pH yang terkandung dalam tanah. Pembuatan lubang tanam yang pas adalah pada waktu sebelum musim hujan tiba.

Untuk pemesanan langsung hubungi :

AGRO SEJAHTERA
Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
081259607884 / 0852-5918-3824 / agrosejahtera1@gmail.com

  • Tahap penanaman bibit mangga kelapa

Bibit yang sudah disiapkan sebelumnya ini kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam. Sebaiknya bibit mangga kelapa ini diletakkan tepat di tengah lubang tanam dan bibit mangga kelapa ini hanya dimasukkan ke lubang tanam sampai bagian leher akar saja jangan semua bagiannya. Lakukan kegiatan penanaman bibit mangga kelapa pada pagi atau sore hari agar bibit baru tidak langsung terkena paparan sengatan sinar matahari. Setelah melakukan penanaman, bibit mangga kelapa ini sebaiknya disiram air secukupnya. Waktu yang baik untuk melakukan penanaman bibit mangga adalah pada saat musim hujan.

  • Tahap perawatan bibit pohon mangga kelapa

Perawatan bibit mangga kelapa ini dilakukan kegiatan antara lain penyulaman, penyiraman , dan penyiangan. Lakukan pemantauan kebun bibit mangga kelapa secara rutin, segera sulam bibit yang sekiranya sudah mati, tumbuh tidak normal, dan terserang penyakit dan hama. Awal – awal bibit mangga kelapa ini memerlukan cukup banyak air supaya pertumbuhannya semakin optimal. Kemudian soal kegiatan penyiangan, lakukan penyiangan bibit mangga kelapa ini secara rutin juga agar gulma – gulma tidak mencuri nutrisi yang seharusnya milik bibit mangga kelapa.

  • Tahap pemupukan bibit pohon mangga kelapa

Pupuk yang biasa digunakan untuk budidaya bibit mangga kelapa adalah pupuk jenis kompos atau kandang, pupuk NPK, dan pupuk Urea. Dosis pupuk yang diberikan pun tergantung dari usia bibit mangga kelapa, berikut adalah contoh dosis pemupukan bibit mangga kelapa :

  • Untuk bibit mangga kelapa berusia muda, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK dan Urea dengan perbandingan 14 : 14 : 14 , dosisnya 300 gram – 500 gram untuk pupuk NPK dan 300 gram untuk pupuk Urea per pohon mangga kelapa.
  • Untuk bibit mangga kelapa berusia dewasa, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK dan pupuk organik dengan perbandingan 14 : 14 : 14 , dosisnya 1,5 – 2 kg untuk pupuk NPK dan 1 sak untuk pupuk organik per pohon mangga kelapa.

Pemupukan bibit mangga kelapa ini dilakukan dengan cara melingkari batang bibit mangga kelapa , jarak antara taburan pupuk tersebut dengan batang bibit adalah sejauh 1 jangka kaki.

Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas

  • Soal hama dan penyakit yang menyerang bibit pohon mangga kelapa

Hama yang sering menyerang bibit mangga kelapa ini adalah sejenis kumbang ( kumbang penggerek buah dan cabang ), sejenis kutu ( kutu putih ), dan sejenis kepik. Sedangkan penyakit yang sering menyerang bibit mangga kelapa adalah penyakit jamur dan diplodia. Maka dari itu pemberian antibakteri dan pestisida yang rutin sangat diperlukan.

Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas

  • Pemanenan pohon mangga kelapa

Jika pohon mangga kelapa berasal dari bibit okulasi , musim berbunga berlangsung 3 sampai 4 tahun. Namun jika pohon mangga kelapa berasal dari bibit generatif akan lebih lama lagi waktu berbunganya. Pohon mangga kelapa ini mengeluarkan bakal buah sekitar bulan Agustus – September. Tanda – tanda buah mangga yang sudah matang adalah warna kulit buah nya yang hijau tua atau kebiruan (tergantung jenis mangganya).

Bibit Mangga Kelapa Harga Murah Berkualitas

  1. Tips agar pohon mangga kelapa berbuah banyak

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar pohon mangga kelapa cepat berbuah :

  • Pilih bibit mangga kelapa yang tidak memiliki cabang namun kelihatan subur dan memiliki batang yang tegak.
  • Saat hendak menanam bibit mangga kelapa hendaknya menggunakan tanah yang bercampur dengan pupuk kompos. Dan setelah itu lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari hingga bibit mangga kelapa tumbuh.
  • Penggunaan pupuk jenis ZPT juga terbukti membuat pohon mangga kelapa jadi cepat berbuah, walaupun saat itu bukan musim buah. Buah yang dihasilkan pohon mangga kelapa pun menjadi lebih lebat daripada pohon mangga kelapa yang menggunakan pupuk selain pupuk ZPT. Pupuk ZPT ini cocok digunakan pada perkebunan mangga kelapa untuk kebutuhan komersil.

Pohon mangga kelapa harus dirawat dan dipantau secara intensif apabila ingin cepat berbuah. Pupuk ZPT hanyalah sebagai pendukung saja, semuanya tergantung cara perawatannya. Bobot yang dimiliki oleh mangga kelapa ini mencapai 0,8 kg – 2 kg. Bobot yang cukup besar bagi jenis mangga oleh karena itu mangga kelapa ini cocok untuk kebutuhan buah yang memerlukan banyak porsi.