Bibit Durian Petruk Kualitas Unggul dan Harga Termurah

Bibit Durian Petruk Kualitas Unggul dan Harga Termurah. Pihak kami menyediakan berbagai jenis bibit buah, pohon , dan tanaman hias berkualitas tinggi namun harga nya yang murah. Bibit Рbibit ini dijamin asli dan tidak ada penipuan. Terbukti berpengalaman dalam mengerjakan proyek lokal dan nasional. Hubungi kami di WA 081398211156 | Call 0813-9821-1156 / agrosejahtera1@gmail.com. Anda bisa melihat Рlihat bibit kami yang lainnya di sini.

Durian Petruk

Bibit Durian Petruk Kualitas Unggul dan Harga Termurah

Durian petruk merupakan jenis durian unggul yang sampai saat ini sedang dikembangkan. Durian petruk ini sendiri memiliki nama yang berasal dari penemunya yakni Pak Petruk yang asalnya dari Jepara , Jawa Tengah. Durian petruk ini sudah didaftarkan oleh Dinas Pertanian Jepara sebagai jenis durian unggul di daerahnya. Pohon durian petruk ini termasuk jenis pohon yang tahan terhadap penyakit busuk akar tidak seperti pohon jenis durian yang lainnya. Tidak hanya di Jepara saja , durian petruk khas Gunung Kidul, Jogja juga memiliki kekhasan tersendiri. Rasa durian petruk disana tidak kalah dengan di Jepara bahkan sudah ada riset yang membuktikannya. Jadi dengan demikian harapannya durian petruk ini nantinya dapat dibudidayakan di daerah mana saja dan memunculkan juga rasa yang khas.

Bentuk buah dari durian petruk ini adalah bulat yang ujungnya runcing, memiliki kulit buah yang tipis, dan warna yang hijau kekuningan. Daging buahnya terasa lembut, berserat halus , dan agak lembek. Rasa buah durian petruk ini sangat manis dan buahnya juga tidak mengeluarkan aroma yang begitu tajam. Berat dari buah durian petruk ini berkisar 1 – 1,5 kg. Aroma dari buah durian petruk ini juga tidak terlalu menusuk seperti kebanyakan jenis – jenis durian yang lain, hal ini lah yang menyebabkan para penikmat durian petruk ini tak perlu takut dengan aroma menyengat dari durian petruk ini.

Di Jepara diadakan event yang spesial untuk buah ini yakni sekitar bulan Desember yang merupakan bulan panen dari buah durian petruk ini. Pusat penjualan dari durian petruk ini terdapat di Pasar Ngebul , Jepara Jawa Tengah. Berikut ini beberapa keunggulan durian petruk bila dibandingkan dengan jenis durian lain :

 

  • Durian petruk ini apabila sudah matang kulit buahnya sedikit terbuka dengan sendirinya jadi kita tidak perlu susah payah untuk membukanya.

 

  • Aroma buah durian petruk ini tidak terlalu menyengat seperti jenis durian lainnya.

 

  • Rasa dari daging buah durian ini juga sangat manis, memiliki tekstur yang lembut, dan tebal. Namun ada sedikit rasa pahitnya karena durian ini mengandung sedikit alkohol.

 

  • Biji dari durian petruk ini juga sangat kecil dan kempes jadi daging buahnya pun terasa lebih banyak.

 

Untuk yang berminat silahkan hubungi nomor HP, email, atau langsung datang ke alamat di bawah ini :

AGRO SEJAHTERA
Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2
Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kediri Jawa Timur
Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan
081398211156 / 0813-9821-1156 / agrosejahtera1@gmail.com

 

Cara budidaya bibit durian petruk dengan mudah

 

  • Pemilihan bibit durian petruk

Cara Membuat Bibit Durian Bawor 1 1

Langkah pertama dalam pembudidayaan durian petruk adalah memilih bibit, pilihlah bibit durian petruk yang berkualitas. Bibit durian petruk biasanya didapatkan dari hasil vegetatif (okulasi) dan generatif (biji). Namun bila ingin pohon durian petruk yang lebih produktif maka pilihlah bibit durian petruk hasil vegetatif.

 

  • Tahap persiapan lahan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan, pohon durian petruk ini bisa tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 1.000 mdpl. Namun tumbuh sangat baik apabila di ketinggian 400 – 600 mdpl. Pilihlah lahan durian petruk yang memiliki tanah yang gembur, kaya akan unsur hara, dan lokasi nya tidak terlalu teduh (karena pohon durian petruk perlu sinar matahari).

 

  • Tahap pembuatan lubang tanam

Tahap berikutnya adalah tahap pembuatan lubang tanam, untuk bibit durian petruk buatlah ukuran lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Lalu kumpulkan tanah galian dari pembuatan lubang tanam ini. Nantinya tanah galian ini dicampurkan dengan pupuk organik untuk digunakan kembali sebagai tanah timbunan. Setelah lubang tanam selesai dibuat biarkan selama 2 – 3 hari dan biarkan terkena sinar matahari agar hama dan penyakit di dalam lubang tanam tersebut mati.

 

  • Proses penanaman bibit durian petruk

Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

Penanaman bibit durian ini dilakukan pada sore hari agar tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Proses penanaman bibit ini biasanya dilakukan pada musim hujan. Bibit durian petruk ini ditanam sekitar 5 cm diatas pangkal batang penyangga, kemudian bibit durian petruk tersebut ikatkan pada batang penyangga yang lurus agar nantinya pohon durian petruk ini dapat tumbuh tegak. Bibit pohon durian petruk yang baru ditanam ini harus diberi semacam naungan untuk melindungi dari aliran hujan yang deras dan sengatan sinar matahari yang berlebihan. Naungan ini nantinya akan dibongkar apabila bibit durian ini sudah berumur 3 – 5 bulanan. Tanah di sekitar bibit durian ini dianjurkan ditutupi oleh tumpukan rumput atau jerami sehingga kelembaban tanah tetap stabil.

 

  • Tahap pemeliharaan bibit durian petruk

durian2 1 1

Tahap penyiangan, pastikan lakukan penyiangan terhadap bibit durian petruk yang baru ditanam agar bibit durian terbebas dari gulma sehingga pertumbuhan dan perkembangan bibit durian petruk ini tidak akan terhambat.

Tahap penyiraman, hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman :

  • Penyiraman awal bibit durian petruk ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari , siram dengan air yang cukup dan jangan sampai terjadi penggenangan.

 

  • Kebutuhan air yang diperlukan untuk bibit durian petruk ini adalah sekitar 4 – 5 L/hari. Apabila sudah berusia dewasa kebutuhan air mencapai 10 – 12 L/hari.

 

  • Setelah bibit durian petruk ini berusia 1 bulanan, penyiraman air dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu. Karena biasanya bibit durian ini sudah menunjukkan bakal buah nya.

 

  • Penyiraman air pada pohon durian petruk ini usahakan jangan sampai terlambat karena bisa menyebabkan pohon durian petruk kehilangan bakal buahnya.

 

  • Bila nantinya pohon durian petruk sudah melalui proses panen kebutuhan air nya akan meningkat secara drastis. Ini dikarenakan pohon durian petruk perlu air untuk memulihkan kondisi nya menjadi normal kembali.

Tahap pemupukan, pemupukan bibit durian petruk ini bisa dilakukan dengan dosis – dosis tertentu sesuai dengan umurnya , berikut adalah contohnya (penggunaan pupuk jenis NPK) :

 

  • Bibit durian petruk usia 1 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 40 gram – 80 gram per pohonnya untuk 1 tahun.

 

  • Bibit durian petruk usia 2 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 150 gram – 300 gram per pohonnya untuk 1 tahun.

 

  • Bibit durian petruk usia 3 tahun – 4 tahun, dosis pupuk NPK yang diperlukan adalah 400 gram – 600 gram per pohonnya untuk 1 tahun.

 

  • Untuk usia seterusnya bisa digunakan pupuk jenis kompos saja (pupuk organik) setahun sekali pada saat akhir musim hujan dengan dosis 15 – 20 kg per pohonnya.

 

  • Tahap penjarangan buah durian petruk

Pohon Durian Musang King 1 1

Penjarangan buah ini dilakukan agar pohon durian petruk nantinya tidak mati karena proses pembuahan yang memerlukan energi yang banyak. Penjarangan buah durian petruk ini berlangsung bersamaan dengan pengguguran bunga oleh pohon durian petruk. Apabila pengguguran bunga selesai saat itu juga harus segera dilakukan penjarangan buah. Syarat penjarangan buah durian petruk secara mekanis dilakukan sebagai berikut :

 

  • Pada saat buah durian petruk mulai sebesar bola tenis, tiap dompol terdiri dari 1 – 2 buah dengan bentuk yang normal, sehat, dan bebas dari hama dan penyakit.

 

  • Buah durian petruk tidak saling bersinggungan dan membentuk jarak antar dompol masing – masing 20 cm – 30 cm.

 

Berikutnya adalah syarat penjarangan buah durian petruk secara kimiawi, penjarangan secara kimiawi ini dilakukan dengan menyemprotkan sebuah hormon ( namanya Auxin A ). Pada saat bunga pohon durian petruk sudah mulai terbuka dan siap dibuahi, hormon ini disemprotkan. Pada bunga yang mendapat semprotan ini akan terus melakukan proses pembuahan dan bunga yang tidak tersemprot akan mati dengan sendirinya lama – kelamaan.

 

  • Soal hama dan penyakit yang menyerang pohon durian petruk

Hama yang sering menyerang pohon durian petruk adalah sejenis lebah dan ulat. Sedangkan penyakit nya antara lain penyakit bercak dan jamur. Untuk itu diperlukan penyemprotan pestisida secara rutin agar pohon durian petruk terbebas dari berbagai hama dan penyakit.

 

  • Panen buah durian petruk

Durian petruk yang ditetapkan pemerintah sebagi durian unggul nasional 1 1

Pohon durian petruk sudah siap dipanen apabila buah yang dihasilkan menunjukkan ciri – ciri sebagai berikut :

 

  • Ujung duri dari buah durian petruk yang dihasilkan berwarna coklat kehitaman.

 

  • Warna garin antara duri dari buah durian petruk terlihat kontras dan jelas.

 

  • Berbau khas aroma durian petruk.

 

  • Apabila buah durian petruk ini dipukul – pukul mengeluarkan bunyi gema.