Begini Cara Menanam Bibit Anggur

Begini Cara Menanam Bibit Anggur. Buah anggur merupakan salah satu jenis tanaman berbuah yang hingga saat ini masih banyak digemari dan disenangi oleh kalangan masyarakat khususnya di Indonesia paling.

Begini Cara Menanam Bibit Anggur

Buah anggur ini banyak dikonsumsi dan disukai oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia sendiri. Anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan yang memiliki ciri khas tanaman anggur, dan banyak yang menggunakannya baik untuk budidaya skala besar maupun kecil.

Begini Cara Menanam Bibit Anggur

Buah ini memiliki rasa yang enak dan banyak manfaat, salah satunya bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan dikenal efektif mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini karena buah anggur mengandung dua antioksidan aktif, yaitu resveratrol dan polifenol.

Anda bisa mengkonsumsi buah anggur ini dengan cara membuat jus atau memakannya langsung tanpa diproses terlebih dahulu.

Nilai jual anggur ini masih tinggi karena buah anggur ini dimiliki anak-anak dan orang dewasa. Oleh karena itu, banyak orang mulai menanam pohon anggur ini untuk dibudidayakan.

Tingkat kesulitan yang tinggi dalam menanam anggur merupakan hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang, beberapa penanam anggur dapat dianggap berhasil. Untuk melakukan hal tersebut, simak ulasan ikhtisar berikut tentang cara menanam anggur yang baik dan benar agar nantinya dihasilkan anggur yang berkualitas baik!

Persiapan tempat penanaman anggur

Jika Anda ingin mulai menanam anggur, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan tempat di mana bibit anggur akan ditanam. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi saat menentukan lokasi penanaman anggur, di antaranya:

Tanaman anggur ini mampu tumbuh subur ketika berada di dataran rendah, yang mana sangat cocok apabila di tanam pas musim kemarau sekitar 4 sampai 7 bulan.

Namun,sedikit himbauan dari admin bahwa anda harus menghindari menanam anggur ketika anda tinggal di daerah yang berangin kencang, karena angin kencang hanya berarti tanaman merambat tidak tumbuh optimal, tetapi dapat merusak tanaman merambat.

Anggur sebaiknya ditanam di daerah dengan curah hujan 800 mm per tahun. Jika daerah tersebut memiliki curah hujan lebih dari 800mm per tahun, hujan terus menerus, dapat merusak bunga dan menyebabkan kuman dan hama pada buah anggur.

Usahakan mendapatkan sinar matahari kering langsung untuk memaksimalkan proses pembuahan vegetatif dan mendapatkan hasil yang baik.

Periksa apakah suhu harus 31 derajat Celcius pada siang hari dan 23 derajat Celcius pada malam hari. Tanaman ini harus memiliki kelembapan 75 hingga 85 persen. Hal ini memungkinkan tanaman merambat tumbuh secara optimal.

Begini Cara Menanam Bibit Anggur

Usahakan memiliki lahan yang fajar dan mudah menyerap air karena tanaman merambat tidak tahan dan akan mati di genangan air

Lantai tidak boleh kurang dari 1 meter di atas lantai

Memiliki pH pada kisaran 6,5 hingga 7,0

Begini Cara Menanam Bibit Anggur

Langkah selanjutnya setelah menemukan tempat yang tepat untuk menanam anggur adalah memilih bibit anggur yang berkualitas baik. Bibit berkualitas memiliki beberapa khasiat dan tidak hanya bibit anggur yang bisa ditanam. Pemilihan benih akan mempengaruhi hasil saat panen. Berikut ciri-ciri bibit anggur berkualitas, diantaranya:

Memiliki 3 ruas batang dengan panjang 25 sampai 30 cm

Memiliki tangkai biji bulat atau bundar 1 cm

Kulit kayunya berwarna coklat, kemudian bagian bawah kulit kayunya berwarna hijau, tidak ada bercak hitam, dan tidak mengandung uap air.

Tunas pada benih tanaman merambat terlihat kuat, besar dan lebat

Pilih bibit potensial yang berumur 5 bulan dan memiliki 3 sampai 4 daun.

Ketika Anda menemukan benih dengan kualitas terbaik, taburkan benih yang Anda miliki.

Tujuan dari proses penaburan adalah untuk memudahkan dalam memantau proses perawatan benih buah anggur dan penyimpanan benih agar mendapat daya serap hara yang cukup, yang tidak berlebihan, sehingga proses tumbuh tanaman akan lebih cepat nantinya.

Tata cara penyemaian biji anggur adalah sebagai berikut:

Lakukan pembibitan dalam pot atau polibag

Beri tanah dan pupuk agar tercampur merata, lalu taruh di persemaian yang Anda pilih.

Kemudian pindahkan bibit ke dalam pot atau polybag yang telah diisi dengan campuran bibit berupa tanah dan pupuk

Sirami bibit dengan air setiap pagi dan sore hari.

Toh Anda hanya perlu menunggu 2 bulan agar tunas baru tumbuh dan memiliki banyak akar pada biji anggur.

Begini Cara Menanam Bibit Anggur

Pengolahan tanah untuk menanama buah anggur

Setelah disemai, hingga tunas dan akar mulai tumbuh, langkah selanjutnya adalah menyiapkan areal tanam yang akan digunakan sebagai media tanam bibit anggur. Berikut beberapa cara membuat persiapan lahan yang baik untuk penanaman anggur, di antaranya:

Pertama, kendorkan tanah dengan cangkul untuk menghilangkan gulma dan gulma di lokasi penanaman.

Kemudian lakukan pengapuran dengan dolomit bila pH tanah di bawah 5

Setelah tanah gembur, pada areal penanaman dibuat gundukan dengan tinggi 50 cm dan panjang disesuaikan dengan luas tanah dan lebar 150 cm.

Beri jarak di antara perbukitan agar bisa digunakan sebagai saluran air saat hujan mencapai celah 100cm. Ini mencegah tanaman merambat dan dibanjiri air segar.

Buat lubang tanam berukuran 50 cm × 50 cm × 50 cm pada gundukan yang telah dibuat.

Biarkan area tanam selama 2 minggu agar mendapat sinar matahari langsung sebelum menanam benih

Setelah menginjak ke hari berikutnya atau 2 minggu pasca pembuatan lubang tanam, maak langkah selanjutnya adalah menanam benih anggur di atas gundukan tanah dengan cara mengisi lubang tanam dengan campuran pupuk kandang, lalu kemudian dicampur dengan tanah dan pasir dengan masing-masing perbandingan 2: 1: 1.

Penanaman anggur

Langkah selanjutnya adalah saatnya anda menanam benih anggur yang anda miliki. Pastikan benih berumur 2 bulan sejak mulai disemai. Benih siap dipindahkan ke areal tanam bila sudah memiliki 2 sampai 3 daun dan perakaran kuat.

Setelah Anda memiliki sifat-sifat yang siap untuk ditanam, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan bibit ke dalam lubang, kemudian menutupinya dengan tanah dan sedikit campuran pupuk kandang, lalu menutup lubang dengan rapat.

Ingatlah bahwa tumbuhan merambat adalah tumbuhan jenis Vitaceae, yaitu tumbuhan merambat. Oleh karena itu, siapkan tempat perambatan dengan panjang 2 meter.

Perawatan tanaman anggur

Setelah ditanam di lahan yang telah disiapkan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah pemeliharaan.

Tahap perawatan sangat penting dan penting karena menentukan hasil, apakah buah anggur dapat berbuah secara optimal atau tidak.

Karena jika tanaman merambat tidak dirawat sama sekali, panen akan gagal dan tanaman akan mati.

Ada beberapa cara mengolah buah anggur agar tanaman anggur tidak mengalami gagal panen hingga mati, diantaranya:

Penyiangan, proses penyiangan membersihkan lahan tanam dari gulma dan hama lainnya. Selalu periksa kondisi tanaman setiap pagi dan sore hari agar tidak ada hama dan gulma yang mengganggu

Beri pupuk saat berusia 0 hingga 1 tahun

Buah anggur diberi 10 g urea selama 10 hari saat tanaman berumur 3 bulan.

Buah anggur diberi 15 gram urea selama 15 hari pada umur 6 bulan.

Anggur diberi pupuk urea sebanyak 50 gram saat tanaman berumur 1 tahun.

Pemupukan mulai dari satu tahun, saat pemberian pupuk saat tanaman berumur 1 tahun diperoleh 5 dosis pupuk kandang dan kemudian 80 gram pupuk TSR diperoleh.

Siram, terus penyiraman dari awal tanam sampai pemotongan. Perlu diingatkan lagi bahwa tanaman merambat tidak boleh dibanjiri air.

Memanen anggur.